Tips Memilih Jajanan Anak Yang Sehat

Joined
Sep 3, 2015
Messages
16
Likes
0
Points
1
Age
27
Offline
#1
jajanan.jpg
Bunda, seperti yang kita ketahui bahwa saat ini sudah banyak sekali jajanan anak yang beraneka macam tanpa kita ketahui apakah jajanan tersebut sehat atau tidak untuk dikonsumsi oleh buah hati kita. Seperti yang ada di sekolah-sekolah, berbagai macam gerobak jajanan menunggu anak-anak kita untuk membeli dan mengkonsumsi jajanan yang mereka buat. Sebagai orang tua tentu kita harus mengamati jajanan apa saja yang dikonsumsi oleh buah hati kita. Apakah jajanan tersebut sehat atau tidak, layak dikonsumsi atau tidak serta mengandung zat-zat yang berbahaya atau tidak. Hal itu dilakukan demi menjaga kesehatan buah hati dan agar terhindar dari penyakit maupun keracunan makanan. Oleh karenanya, di sini kami akan memberikan Bunda apa saja tips memilih jajanan anak yang sehat dan berkualitas, antara lain :

Pilih Jajanan Yang Tertutup
Sering kali kita jumpai makanan atau jajanan yang dijual terbuka atau tanpa penutup. Hal itu memicu lalat untuk hinggap pada makanan tersebut dimana makanan atau jajanan anak yang dihinggapi lalat dapat menyebabkan seseorang yang mengkonsumsinya bisa sakit perut atau terkena diare. Tentu Bunda tidak mau buah hati mengalami hal demikian, bukan? Oleh sebab itu, usahakan ajari anak sejak dini untuk selektif dalam memilih jajanan yang sehat. Pilihlah jajanan yang dibungkus dengan kemasan makanan yang higienis.

Hindari Jajanan Dengan Tempat Yang Jorok
Selain memilih jajanan yang tertutup dan hiegines, tempat yang digunakan untuk berjualan jajanan pun harus anda perhatikan. Hal itu dikarenakan kuman atau bakteri dapat menyebar. Sehingga meskipun jajanan sudah sehat dan bersih namun tempat di sekeliling yang digunakan untuk berjualan jorok dan tidak hiegines maka ada kemungkinan kuman-kuman tersebut dapat menyebar ke jajanan yang dijual. Sehingga Bunda juga perlu memperhatikan apakah tempat yang digunakan untuk berjualan hieginis atau tidak. Namun sayangnya kita tidak bisa mengontrol setiap saat dimana anak kita membeli jajanan mereka. Sehingga kita perlu mengajari pada anak kita untuk memilih tempat jajan yang hiegenis.

Perhatikan Warna Makanan
Jajanan anak yang berwarna-warni atau memiliki warna yang mencolok tentu lebih menarik perhatian anak daripada jajanan dengan warna yang tidak mencolok. Sedangkan umumnya jajanan dengan warna-warni yang mencolok tersebut dibuat dengan menggunakan pewarna makanan. BPOM memberikan toleransi pemberian pewarna makanan karena tidak mengandung bahan kimia yang berbahaya. Namun sayangnya saat ini banyak penjual-penjual nakal yang sengaja memberikan pewarna kimia ke dalam campuran adonan jajan yang akan mereka jual. Oleh sebab itu pilihlah jajanan yang memiliki warna tidak terlalu mencolok dan apabila dipegang maka warnanya tidak membekas di tangan.

Harga Yang Standar
Tips terakhir adalah perhatikan soal harga pada jajanan yang anda pilih. Pilihlah jajanan dengan harga standar pada umumnya. Apabila harga yang ditawarkan sangat berbeda jauh dari harga pada umumnya maka patut dicurigai apakah jajanan tersebut terbuat dari bahan-bahan yang tidak berkualitas.

Demikian beberapa tips memilih jajanan sehat untuk anak yang perlu Bunda tahu. Namun alangkah baiknya jika Bunda membuat sendiri jajanan anak di rumah. Untuk membuat jajanan yang sehat, Bunda dapat memilih Blueband sebagai bahan yang digunakan untuk membuat kue atau jajanan di rumah. Blueband memiliki kandungan omega dan mineral lain yang dibutuhkan oleh tubuh serta hasil masakan yang lebih enak.
 
Top