Tahu Gejrot Nikmat dan Gurih

Joined
Sep 3, 2015
Messages
10
Likes
0
Points
1
Age
26
Offline
#1
tahgej.jpg
Tahu gejrot memang salah satu makanan khas Indonesia yang cukup populer. Jika berbicara makanan Indonesia memang tidak ada habisnya karena tiap daerah memiliki makanan khas tersendiri yang mereka banggakan. Salah satunya adalah makanan tahu ini yang berasal dari Cirebon. Makanan berbahan dasar tahu ini adalah sejenis makanan cemilan yang penghidangannya cukup unik dan cepat. Siapa saja yang melihanya pasti akan mengira kalau membuat makanan tahu ini mudah. Padahal jika takaran bumbunyasaja salah, sudah pasti rasanya tidak akan selezat yang dilihat. Apalagi jika gejrotnya berasal dari kota Cirebon yang sangat khas. Mungkin kebanyakan sudah pernah merasakan masakan tahu ini yang asli Cirebon.

Tahu gejrot adalah makanan yang terbuat dari tahu yang dipotong-potong dengan ukuran sesuai selera, kemudian disiram dengan kuah yang terbuat dari gula, cabai, bawah merah dan bawang putih yang dicampurkan. Rasanya sungguh lezat dan nikmat bila disantap. Jika ingin lebih kenyang, Anda juga bisa menambahkan ketupat atau lontong agar lebih puas. Jika Anda tanya, gizinya memakan tahu ini apa, maka jawabannya adalah banyak gizinya. Dari tahu sendiri menyimpan banyak protein dan juga karbohidrat karena terbuat dari kedelai yang diolah. Bahkan ada yang bilang tahu gejrot bisa mengurangi kolesterol karena mampu mengusir lemak jahat yang ada di dalam tubuh, Tapi ingatlah, Anda harus makan sesuai porsi saja dan jangan berlebihan.

Cara Membuat Tahu Gejrot Khas Cirebon

Cara membuat tahu gejrot memang dilihat mudah dan tidak terlalu repot. Tapi jika membuat tahu gejrot khas Cirebon tentu ada tantangan tersendiri karena ini adalah khas dari kota tersebut sudah pasti ada bahan dan cara khusus dalam proses pembuatannya. Jika Anda memang ingin membuatnya sebagai ladang bisnis Anda, harus banyak berlatih untuk membuatnya agar bisa menciptakan tahu gejrot ini dengan rasa enak, gurih dan juga khas dari Cirebon. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah cara membuat tahu gejrot khas Cirebon :

Untuk yang pertama, kita harus menyiapkan bahan, bumbu dan juga perlengkapan masaknya terlebih dahulu. Untuk bahannya adalah :
  • 20 biji tahu Sumedang Asli yang masih fresh kemudian direbus dan digoreng hingga renyah.
  • Kecap manis sesuai selera dan merk kesayangan.
  • Air asam Jawa yang sudah direndam beberapa menit sebanyak 4 sendok saja atau bisa kurang sesuai dengan selera Anda.
  • 1 buah gula Jawa yang bentuknya bundar atau silinder dan iris halus.
  • 1 gelas air. Ukuran gelasnya adalah gelas belimbing yang biasa untuk kalian minum di rumah.
  • Minyak goreng baru secukupnya.
Untuk bumbunya adalah sebagai berikut :
  • 4 siung bawang putih dan 5 siung bawang merah.
  • 4 buah cabai merah atau sesuai dengan selera Anda.
  • 5 buah cabai rawit atau sesuai dengan selera Anda
Setelah bahan dan bumbu telah disiapkan, tinggal membuat tahu gejrot :
  1. Pertama, Anda harus membuat bumbunya terlebih dahulu. Caranya cukup mudah, masukkan 1 gelas air ke dalam panci dan juga gula Jawa yang sudah diiris-iris serta masukkan pula air asam Jawanya. Masak hingga gulanya larut.
  2. Haluskan semua bumbu yang sudah disebutkan tadi.
  3. Potong-potong tahu Sumedang yang sudah digoreng dan letakkan di piring. Taburi dengan bumbu yang sudah dihaluskan dan siram dengan air gula dan asam Jawa.
  4. Tahu gejrot, siap dihidangkan.
 
Top