Peningkatan Kepercayaan Masyarakat Terhadap Produk dan Jasa Perbankan Syariah

sintar

freshman
Joined
Jun 20, 2016
Messages
3
Likes
0
Points
1
Age
27
Offline
#1
Ketakutan sebagian kalangan masyarakat terhadap pengajuan setiap pinjaman ke Perbankan terutama di Indonesia, menjadi sesuatu yang sulit untuk dihilangkan, karena sudah banyak dari para nasabah Bank yang kehilangan asset seperti rumah karena adanya penyitaan yang disebabkan oleh ketidakmampuan dalam melakukan pembayaran cicilan, dengan suku bunga yang tinggi atas pinjaman yang mereka ambil. Atas salah satu dasar tersebut, maka dibuatlah sistem Perbankan yang mengikuti aturan Syariat islam dalam melakukan kegiatan Perbankannya, dan sistem tersebut dikenal dengan Bank Syariah yang memiliki prinsip melakukan setiap Kegiatan Perbankan baik itu pendanaan ataupun simpanan yang dilakukan sesuai dengan aturan syariah yang berlaku dan telah ditetapkan. Di Indonesia sendiri telah hadir daftar Bank Syariah yang mengikuti aturan tersebut, yang sudah banyak digunakan oleh para nasabahnya dalam melakukan kegiatan Perbankan.

Daftar Bank syariah di Indonesia sendiri merupakan jasa Perbankan dengan produk-produk yang sudah tersedia secara lengkap dan bisa digunakan oleh para calon nasabahnya, seperti misalnya tabungan dan pinjaman sejumlah dana. Sistem Perbankan syariah yang memiliki karakteristik yang dilakukan berdasarkan sistem bagi hasil, bisa memberikan alternatif yang saling menguntungkan antara masyarakat calon nasabahnya dengan Bank syariah bersangkutan. Kepercayaan masyarakat pun semakin meningkat dengan adanya daftar-daftar Bank Syariah yang menunjukan faktor keadilan dalam setiap kegiatan Perbankan yang dilakukannya, baik itu berupa etika dalam pemberian investasi sejumlah dana ataupun transaksi keuangan lainnya dengan mengutamakan aspek persaudaraan.

Hadirnya Perbankan Syariah yang menyediakan layanan produk dan jasanya, membuat semua kalangan masyarakat semakin tidak takut lagi untuk melakukan kegiatan Perbankan baik untuk menabung maupun melakukan pinjaman kredit dan kegiatan lainnya, karena sudah mempercayakannya pada Perbankan Syariah. Apalagi dengan adanya sistem bagi hasil yang dapat membuat penggunaan produk Bank Syariah Indonesia menjadi lebih spekulatif untuk penggunaan produknya sebagai penunjang dan pendukung kegiatan usaha dan bisnis yang dilakukan oleh masyarakat yang menggunakan jasa dan produknya untuk hal tersebut.
 
Top