Mengenal Jenis Lampu Mobil dan Fungsinya Mulai dari Lampu Headlamp LED Mobil, Lampu Sein Hingga Lampu Belakang

soleh

freshman
Joined
Jun 12, 2019
Messages
1
Likes
0
Points
1
Age
27
Offline
#1
Lampu bukan sekedar aksesoris atau komponen pendukung dalam sebuah kendaraan, baik itu roda dua maupun roda empat, karena memang pada dasarnya manfaatnya lebih dari itu. Yaitu dipakai sebagai sarana penerangan dan juga kode dalam berkendara, sehingga nantinya keamanan lebih terjaga saat berkendara di jalan raya, meskipun kondisinya terbilang cukup padat. Jadi tidak heran jika jenisnya juga terbilang banyak, mulai dari lampu headlamp LED mobil lampu sein hingga lampu bagian belakang kendaraan tersebut.

Jadi sebelum belajar berkendara juga harus tahu setiap jenis dan juga fungsi dari lampu di dalam mobil tersebut, sehingga nantinya tidak akan kebingungan di dalam mengoperasikannya. Berikut ini diantara jenis-jenis yang patut untuk Anda ketahui, yaitu:

  1. Lampu jauh, termasuk dalam bagian lampu utama atau headlamp pada kendaraan, digunakan untuk menerangi perjalanan Anda, apalagi dalam kondisi yang sedang gelap atau berkabut, lampu ini memiliki sorot bisa mencapai lebih dari 5 meter dalam penerangannya, umumnya banyak yang mengganti dengan lampu headlamp LED mobil, karena memang dibandingkan dengan halogen maupun HID, maka jenis yang satu ini tergolong lebih tajam penerangannya.
  2. Lampu dekat, sebenarnya lampu ini fungsinya sama dengan lampu jauh, hanya saja digunakan untuk menerangi jalanan dalam jarak yang tidak begitu jauh, sinar yang dihasilkan relatif lebih pendek. Biasanya dinyalakan ketika mobil masuk ke perkampungan warna, sangat dibutuhkan agar tidak mengganggu orang yang berada di sekitar jalan tersebut.
  3. Lampu kabut, dikenal juga sebagai fog lamp, fungsinya tak lain dipakai untuk menyinari jalanan dalam kondisi berkabut, misalnya adalah ketika hujan, pada pagi hari, selain ada di bagian depan, maka juga ada di bagian belakang. Umumnya lampu tersebut memiliki tingkat ketajaman yang cukup tinggi, sehingga bisa menembus area berkabut.
  4. Lampu senja, biasanya sudah mulai dinyalakan pada saat sore atau saat cuaca tengah mendung. Gunanya tak lain adalah sebagai penanda kendaraan lain bahwa mobil berada dalam lintasan yang sama.
  5. Lampu tail, stop lamp ini letaknya ada di bagian belakang mobil, digunakan sebagai penanda bahwa ada mobil yang sedang berhenti di depan mereka, sehingga tidak di tabrak.
  6. Lampu sein, digunakan sebagai penanda ketika akan berbelok, sesuai dengan sein yang dinyalakan entah itu di bagian kanan ataupun kiri.
  7. Lampu rem, secara otomatis akan menyala ketika pengemudi tersebut menggunakan rem, sehingga pengemudi di bagian belakang bisa mengurangi kecepatan.
  8. Lampu mundur, dipakai ketika mobil tengah melaju mundur atau sedang parkir.
  9. Lampu hazard, akan menyala ketika ada sinyal bahaya atau darurat.

Lampu headlamp LED mobil maupun jenis-jenis lampu yang lainnya bisa dibeli di Rumah Modifikasi.
 
Top