Mengatasi Masalah Sering Buang Air Kecil

viona

freshman
Joined
Dec 4, 2019
Messages
1
Points
1
Age
29
Faktanya meskipun dengan buang air kecil memiliki efek yang bagus bagi kesehatan karena memang racun yang ada di dalam tubuh dapat dikeluarkan. Namun juga tidak bisa dipungkiri jika seandainya berkali-kali kencing juga menciptakan rasa yang kurang nyaman. Apalagi jika dalam sehari bisa lebih dari 8 kali ke toilet. Hal tersebut justru bisa menjadi salah satu gejala penyakit, misalnya adalah diabetes melitus yang juga termasuk penyakit dengan gejala sering kencing. Begitu juga dengan inkontinensia urine.

Namun juga ada beberapa faktor lumrah yang memicu seseorang berkali-kali kencing, diantaranya adalah mengkonsumsi minuman secara berlebih, lebih dari jumlah yang dibutuhkan oleh tubuh, sehingga hal ini membuat tubuh juga harus mengeluarkan cairan tersebut. Faktor lainnya bisa juga disebabkan oleh mengkonsumsi minuman dan juga makanan tertentu. Layaknya makanan ataupun minuman dengan sifat diuretik. Hal ini secara normal menyebabkan tubuh harus mengeluarkan cairan dalam jumlah yang lebih banyak, jadi harus buang air kecil berkali-kali.

Lalu adakah upaya yang bisa dilakukan untuk mengatasi atau mengobati kondisi tersebut. Jangan khawatir berikut ini ada beberapa alternatif penanganan yang bisa Anda coba terapkan, yaitu:

1. Senam kegel, senam kegel ini sangat bagus untuk menjaga kemampuan otot panggul agar tidak kendur atau tetap bekerja sebagaimana mestinya. Latihan tersebut dapat dilakukan secara mudah. Diantaranya adalah dengan melakukan posisi seperti menahan buang air, tahan selama beberapa saat kemudian dikendurkan, lakukan secara teratur dan bisa membantu di dalam mengendalikan kandung kemih agar tetap berfungsi sebagaimana mestinya. Senam kegel bisa dilakukan setidaknya 3 kali dalam sehari untuk hasil yang lebih optimal.

2. Latih kandung kemih, hal ini juga dapat dilakukan untuk membantu seseorang agar tidak berkali-kali buang air. Jika dilakukan secara rutin lebih dari 12 minggu maka hasilnya juga akan lebih efektif untuk mengontrol tubuh agar tidak terlalu sering buang air. Karena nantinya otot yang ada di kandung kemih akan bekerja secara efektif untuk menampung urine lebih mana di dalamnya.

3. Ubah pola makan, seperti yang diketahui bahwa makanan dan juga minuman yang dikonsumsi bisa memicu buang air secara berlebihan. Untuk itu ada baiknya mulai membatasi jenis-jenis makanan atau minuman tertentu yang sifatnya adalah diuretik, sehingga tidak menyebabkan hasrat untuk selalu buang air atau kencing. Biasakan untuk mengkonsumsi makanan dan minuman sehat.

4. Mengkonsumsi air putih secukupnya, memang benar jika seandainya banyak minum akhir memberikan manfaat bagus untuk tubuh. Namun jika jumlahnya berlebih hal ini juga akan mempengaruhi kekentalan darah sehingga kurang bagus bagi jantung, begitu juga tubuh akan terus mengeluarkannya dalam bentuk urine.

5. Akupuntur, ada beberapa alternatif pengobatan non medis yang dapat dilakukan untuk mengatasi kondisi semacam ini, diantaranya adalah dengan terapi atau akupuntur. Caranya adalah dengan menekan beberapa titik yang ada di dalam tubuh, sehingga bisa mengurangi frekuensi untuk buang air. Namun tentunya tidak boleh dilakukan secara sembarangan, melainkan harus dipercayakan pada yang sudah berpengalaman saja.

Upaya-upaya di atas bisa Anda coba untuk mengobati sering buang air kecil. Mengingat bagaimana pun kondisi semacam ini tentunya sangat menganggu aktivitas sehari-hari bukan. Karena waktu akan banyak dihabiskan hanya untuk ke toilet. Bahkan tidak jarang diantaranya yang terpaksa harus menggunakan popok dewasa sehingga tidak perlu takut mengompol.
 
Top