Ini Dia 4 Penyebab Siklus Menstruasi yang Tidak Lancar

Joined
Sep 3, 2015
Messages
16
Likes
0
Points
1
Age
27
Offline
#1
haid.jpg
Menstruasi merupakan siklus yang dialami oleh wanita yang biasanya terjadi dalam kurun waktu 3 hingga 7 hari. Siklus menstruasi pada wanita sendiri berbeda-beda panjang atau pendeknya dan juga bisa berbeda untuk waktu datangnya. Karena ada wanita yang mempunyai siklus menstruasi yang lancar tetapi juga ada banyak wanita yang mempunyai siklus menstruasi tidak lancar. Biasanya menstruasi yang tidak lancar tersebut juga bisa menjadi tanda-tanda dari beberapa hal. Sehingga banyak wanita yang panik dan berpikiran terlalu jauh. Padahal ada banyak sekali penyebab mengapa wanita mengalami siklus menstruasi yang tidak lancar dan bisa juga bukan merupakan tanda penyakit yang berbahaya. Seperti misalnya beberapa alasan yang membuat siklus menstruasi tidak lancar adalah karena:

1. Menopause
Penyebab pertama mengapa wanita mempunyai siklus menstruasi tidak lancar adalah karena menopause. Untuk wanita yang menjelang menopause biasanya akan mempunyai menstruasi yang tidak lancar. Hal tersebut dikarenakan hormon estrogen dan juga hormon progesterone yang tidak teratur. Sehingga hal tersebut membuat siklus menstruasi menjadi tidak teratur seperti biasanya. Penyebab ini sendiri tentu saja tidak berbahaya karena proses menopause merupakan hal yang wajar dan dialami oleh semua wanita. Sehingga Anda tidak perlu khawatir ketika siklus menstruasi Anda tidak lancar.

2. Penggunaan alat kontrasepsi
Penyebab wanita selanjutnya yang mengalami siklus menstruasi tidak lancar adalah karena penggunaan alat kontrasepsi. Bagi Anda yang menggunakan IUD atau pil KB biasanya akan mempunyai siklus menstruasi yang kurang lancar. Dimana sebelum menstruasi akan muncul flek yang membuat kurang nyaman karena membuat waktu menstruasi menjadi lebih lama daripada seharusnya. Biasanya hal tersebut akan dapat berhenti beberapa bulan setelah penggunaan alat kontrasepsi dan mempunyai siklus menstruasi yang normal kembali.

3. Pola hidup
Hal lainnya selain karena masalah diatas juga bisa terjadi karena pola hidup yang dipunyai. Dimana hal tersebut pada umumnya disebabkan oleh berat badan dan juga mengalami stress. Bagi wanita yang mempunyai berat badan berlebihan ataupun berat badan yang turun secara drastis akan mempunyai siklus menstruasi yang tidak lancar. Begitu juga ketika sedang stress dan banyak pikiran juga akan berpengaruh pada siklus menstruasi yang tidak teratur seperti biasanya.

4. Penyakit
Dan penyebab terakhir mengapa wanita mempunyai siklus menstruasi yang tidak lancar adalah karena mengidap beberapa penyakit tertentu. PCOS atau sindrom ovarium polikistik merupakan kista kecil yang ada dalam indung telur. Hal tersebut membuat hormon tidak seimbang sehingga mempunyai hormon testosteron yang sedikit. Bagi wanita pengidap PCOS akan jarang sekali mengalami menstruasi. Selain itu juga bisa terjadi karena masalah tiroid yang akan sangat berpengaruh pada masa menstruasi. Untuk mengetahui hal tersebut biasanya harus berkonsultasi ke dokter dan melakukan tes darah untuk mengetahui kadar hormon tiroid dalam tubuh.
 
Top