Bahaya Smartphone Bagi Keluarga

Pfiza2

freshman
Joined
Apr 28, 2014
Messages
454
Likes
0
Points
0
Offline
#1


Satu keluarga besar berkumpul di ruangan rumah ketika santai keluarga. Bukannya berbincang-bincang atau bermesra dengan anggota keluarga yang lain, sebahagian besar sedang sibuk dengan sebuah alatan di tangan, bermain main terkadang sambil menunjukkan beberapa ekspresi wajah berbeza.


Alat yang mereka pegang itu adalah smartphone, alat komunikasi canggih yang diminati banyak orang.
Pelbagai function menarik yang disediakan smartphone menjadi daya tarik tersendiri bagi orang-orang dari berbagai kalangan umum. Bahkan, anak-anak zaman sekarang pun telah pandai dalam mengunakannya.


Sayangnya, smartphone ini membawa kesan negatif berupa ancaman autisme bagi para penggunanya. Sebagaimana ilustrasi di atas, masing-masing tidak peduli dengan sekitar, melainkan sibuk dengan smartphone di tangan.
Parahnya, kejadian seperti di atas telah banyak terjadi di masyarakat kita. Hasilnya? Keakrapan yang seharusnya terjalin dalam sebuah keluarga, jarang ditemui.


Apa yang boleh dilakukan untuk mencegah terjadinya autisme dalam keluarga yang disebabkan oleh pengaruh smartphone?
Install function yang penting saja. Hindari terlalu banyak memasukkan aplikasi hiburan ke dalam smartphone anda, seperti permainan, media sosial, atau chat. Telah terbukti bahwa apliasi-aplikasi tersebut adalah pembaziran masa para penguna smartphone.


Bermain games, berborak dengan kawan-kawan, atau sekadar mengemaskini info media sosial memang menyenangkan. Masa seakan tidak terasa berlalu begitu saja.
Makin lekanya, boleh menjadikan anda tidak lagi memperhatikan apa yang terjadi di sekitar.

Tinggalkan handphone ketika berkumpul dengan keluarga. Letakkan smartphone anda di bilik atau tempat lain yang cukup jauh dari kumpulan keluarga ketika ada acara di rumah. Sebagai gantinya, berbincanglah dengan anggota keluarga atau saudara yang lain. Lakukan hal-hal yang menyenangkan untuk mengubah fokus anda dari smartphone.


Jika anda tidak ingin meninggalkan smartphone, setidaknya ubahlah handphone ke dalam mode senyap, agar anda tidak tertarik untuk membukanya setiap kali terdengar suara notifikasi dari berbagai aplikasi yang ada. Terapkan mode silent otomatis. Buatlah semacam reminder di smartphone anda untuk otomatis berada dalam kondisi silent di waktu-waktu tertentu dimana anda harus berkumpul dengan anggota keluarga. Saksikan Video kisah benar tentang bahaya Smartphone disini
 
Joined
Nov 3, 2009
Messages
527
Likes
10
Points
18
Offline
#2
sampai satu tahap penggunaan smartphone ini menjadi satu penyakit sosial yang teruk...manusia terperangkap di alam siber
 
Top