Color
Background color
Background image
Border Color
Font Type
Font Size
  1. [​IMG]
    Kehamilan adalah masa yang ditunggu dan harus dijaga sebaik mungkin hingga waktu melahirkan tiba. Saat masa kehamilan, terdapat beberapa hal yang tidak ingin dialami dan salah satunya adalah ketuban pecah dini (KPD). Air ketuban akan keluar jika usia kandungan sudah memasuki 37 minggu namun, jika terjadi pecah ketuban sebelum waktunya, akan menjadi momok tersendiri apalagi terdapat beberapa mitos yang masyarakat percayai.

    Mitos yang paling dipercaya saat terjadi pecah ketuban adalah waktu kelahiran yang segera tiba dan sudah pembukaan. Padahal, selaput ketuban berada di bagian belakang mulut rahim dan jika terjadi pecah ketuban, maka air ketuban dapat keluar dari mulut rahim walaupun belum mengalami pembukaan. Jika hal tersebut tidak ditangani dengan baik tidak hanya dapat membahayakan janin yang dikandung namun juga nyawa ibu yang mengandung.

    Mitos lainnya seputar ketuban yang pecah dini, yaitu:

    • Setiap air yang keluar dari jalan lahir adalah air ketuban. Padahal, di selaput ketuban, terdapat 2 lapis yaitu amnion yang merupakan selaput ketuban yang sebenarnya dan korion yang merupakan selaput palsu.

    • Terdapat bunyi kecil jika selaput ketuban tersebut pecah, padahal jika pecah, tidak akan terdapat bunyi karena tertutup dinding rahim.

    • Air ketuban bau seperti amonia. Mitos tersebut salah karena air ketuban tidak mengandung amonia.

    • Berhubungan badan dapat mengakibatkan KPD namun hal tersebut tidak menjadi penyebab KPD dan jika pecah, itu hanya kebetulan saja.
    Banyak hal yang menjadi mitos seputar ketuban pecah dini seperti jika mengkonsumsi buah tertentu seperti salak, nangka, durian yang memiliki kulit tajam dan bersifat panas dapat mengalami KPD. Hal tersebut tidak semua dapat dibuktikan secara ilmiah kecuali nanas muda dan durian yang bersifat panas. Untuk menjaga agar kandungan tetap sehat dan tidak mengalami KPD, Anda harus mengkonsumsi makanan yang sehat dan hindari junk food, merokok dan alkohol. Anda juga harus rutin mengkonsumsi susu hamil seperti Lactamil Pregnasis yang mengandung asam folat, zat besi, protein, kalsium, vitamin D dan kandungan lainnya. Jadi, konsumsi Lactamil Pregnasis untuk kehamilan yang sehat bagi ibu dan janin hingga masa melahirkan!
  2. Diabetes kering adalah salah satu penyakit yang sangat berbahaya apabila terlalu lama dibiarkan dan tidak mendapatkan penanganan secara khusus. Untuk dapat menyembuhkan diabetes kering harus segera mendapatkan penanganan yang khusus, cepat dan juga tepat. Agar penyakit diabetes kering tidak sering kambuh Anda harus menjaga asupan makanan agar gula darah yang terdapat di dalam tubuh tidak naik. Sehingga menyebabkan penyakit yang cukup serius. Untuk itu bagi para penderita diabetes kering dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan untuk diabetes yang cocok.

    Pada penderita diabetes sangat diwajibkan untuk mengontrol makanan untuk diabetes yang dikonsumsinya. Hal tersebut dikarenakan agar tidak terjadi lonjakan kadar gula di dalam darah. Sebaiknya penderita diabetes mengkonsumsi makanan yang mengandung glukosa rendah sehingga kadar glukosa di dalam darah dapat stabil.

    Berikut adalah makanan untuk diabetes yang dapat dikonsumsi oleh penderita diabetes.

    Kedelai

    Kedelai adalah makanan yang mengandung gizi protein yang stabil. Protein sangat diperlukan karena dapat meminimalisir pengeluaran urine yang berlebihan. Kelebihan dari protein tentunya sangat bermanfaat bagi metabolisme tubuh.


    Pare

    Banyak orang yang tidak menyukai makanan yang satu ini karena rasanya yang sangat pahit. Akan tetapi pare sangat baik untuk dikonsumsi terutama bagi penderita diabetes kering. Karena kandungan zat besi, serat dan kalsium dalam jumlah yang pas di dalamnya. Selain pare, tanaman yang memiliki rasa pahit akan sangat cocok dikonsumsi bagi penderita diabetes.


    Cabe

    Cabe bukalah sayuran yang harus dijauhi. Cabe sangat bagus dikonsumsi bagi penderita diabetes karena zat karotenoid dari cabe yang dapat menstabilkan gula darah.


    Gandum

    Gandum mempunyai kandungan netaglucan yang dipercaya dapat membantu menurunkan kolesterol dan juga gula darah yang sangat dibutuhkan bagi penderita diabetes kering. Gandum dapat dikonsumsi setiap hari untuk penderita diabetes tanpa khawatir terjadi lonjakan gula dalam darah.


    Buah tomat

    Mengkonsumsi buah tomat baik dalam keadaan buah segar maupun di buat jus sama-sama memiliki nutrisi penting seperti vitamin C, zat besi dan vitamin E yang sangat dibutuhkan oleh penderita diabetes kering. Untuk jus tomat sebaiknya menggunakan gula rendah kalori Tropicana yang sangat aman dan tidak membuat peningkatan kadar gula darah.

    sumber @Menu Sehat Makanan untuk Diabetes
  3. [​IMG]
    Melakukan gaya hidup dalam kehidupan sehari-hari tergantung dari masing-masing pribadi dalam menjalaninya, namun untuk mendapatkan sebuah hasil yang maksimal termasuk dalam hal mendapatkan kesehatan secara optimal diperlukan beberapa usaha untuk memperolehnya. Kesehatan sangatlah penting untuk didapatkan untuk menunjang aktifitas setiap harinya, dan untuk mendapatkan kesehatan tersebut, maka diperlukan cara yang harus dilakukan untuk mendapatkan semua itu dan salah satunya adalah menerapkan pola makan sehat dengan menu makanan sehat juga yang sangat diperlukan oleh tubuh agar memperoleh kondisi tubuh yang stabil dan baik. Memilih menu makanan yang baik untuk dikosumsi dan dicerna oleh tubuh sangatlah penting untuk menunjang gaya hidup sehat setiap orang, menu makanan yang baik adalah dimulai dari kualitas bahan makanan, proses pengolahan serta waktu makan yang tepat.

    Jika kesemua hal tersebut dipenuhi dengan baik, maka kesehatan yang selama ini menjadi kebutuhan setiap orang dapat diperoleh secara maksimal, dan sebaliknya jika anda menerapkan pola makan yang tidak sehat dengan pemilihan menu makanan yang salah maka akan mengakibatkan hal-hal sebagai berikut.

    • Penumpukan toksin atau racun di dalam tubuh, karena melalui menu makanan kurang sehat yang dikonsumsi setiap harinya akan mengganggu sistem pencernaan dan mengalami gangguan dari fungsi organ lainnya yang dapat membuat kondisi tubuh tidak stabil. sehingga penerapan pola makan sehat dengan memilih menu yang tepat dapat menghindari anda dari masalah yang timbul akibat menumpuknya zat-zat berbahaya seperti toksin ataupun racun tersebut.
    • Akibat berikutnya yang timbul dari penerapan pola makan tidak sehat adalah masalah yang ditakuti oleh kebanyakan orang yaitu obesitas atau kelebihan berat badan, obesitas dapat menyebabkan kesehatan tidak beraturan, menumpuknya lemak, gangguan saluran pernafasan, dan bahkan dapat menyebabkan kematian jika dibiarkan begitu saja.
    • Akibat terakhir yang ditimbulkan adalah keturunan dari kita mengikuti gaya hidup dalam penerapan pola makan yang tidak sehat dari apa yang kita lakukan, dan hal tersebut sangatlah sensitif karena orangtua dan lingkungan rumah merupakan contoh pertama yang sering ditirukan oleh anak-anak.
    Itulah beberapa penerapan pola makan yang kurang tepat, Sehingga anda perlu memperhatikannya dan juga memperbaikinya agar tubuh anda tetap terjaga sehat. Semoga dapat bermanfaat.
  4. Sesaat dinyatakan positif hamil, tentu menjadi moment yang sangat membahagiakan bagi pasangan suami isteri terlebih mereka yang baru menikah. Rasa tidak sabar ingin segera menyambut kelahiran buah hati membuat waktu seolah berjalan lambat, apalagi sebelumnya ibu hamil juga harus melewati 3 fase kahamilan mulai dari Trimester pertama, kedua dan ketiga dimana semuanya diperlukan perjuangan.

    Banyak orang beranggapan, masa trimester awal merupakan suatu fase paling rawan terjadinya keguguran janin. Selain itu pembentukan organ vital dalam tubuh janin juga terjadi pada masa 3 bulan pertama tersebut. Itulah kenapa banyak ibu hamil cukup cemas saat mengandung pada trimester pertama. Oleh karena itu diperlukan tips menjaga kesehatan ibu hamil dan janin yang akan dijelaskan dibawah ini.


    Kenapa Trimester Pertama Kehamilan Begitu Penting?

    Setelah sedikit kita singgung dibagian atas, oke langsung saja pada pokok permasalahannya. Alasan mengapa fase trimester pertama kehamilan itu penting karena pada masa itu sedang berlangsung proses pembentukan otak, jantung, paru paru, ginjal, hati, sumsum tulang belakang dan organ penting lainnya.

    Jadi masa 3 bulan pertama kehamilan itu periode emas/ Golden Period yang menentukan hasil akhir masa kehamilan kelak. Terkadang karena kurangnya sempurnanya proses pembentukan janin selama trimester pertama menyebabkan kelainan pada bayi. Misalnya bayi yang lahir mengindap keterbelakangan mental sebenarnya disebabkan oleh trimester pertama yang kurang sempurna.

    Tips Menjaga Kesehatan Ibu Hamil Dan Janin Trimester Awal

    Cara menjaga kesehatan ibu hamil selama masa trimester utama yakni selalu berhati hati, jangan sembarangan mengkonsumsi makanan dan selalu berkonsultasi dengan dokter untuk cek kondisi kehamilan. Ibu hamil muda pada trimester pertama juga sangat tidak dianjurkan memakai obat obatan, kosmetik yang mengandung banyak zat kimia karena bisa berpengaruh terhadap perkembangan janin.

    Selain itu supaya proses pembentukan organ penting janin trimester pertama dapat berlangsung sempurna, ibu hamil harus mencukupi kebutuhan nutrisi harian dengan cara minum susu Lactamil karena mengandung banyak asam folat yang berperan penting dalam proses pembentukan sumsum tulang belakang janin. Hindari stress dan jauhkan diri dari asap rokok juga perlu dilakukan oleh setiap ibu hamil pada trimester pertama sehingga janin akan tumbuh dan berkembang sempurna saat dilahirkan.

    Attached Files: